PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS

ARTIFICIAL INTELEGENCE

Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer. Dengan suatu pendekatan yang kurang lebih fleksibel dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan. AI biasanya dihubungkan dengan Ilmu Komputer, akan tetapi juga terkait erat dengan bidang lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan, Biologi, Filosofi, dan yang lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan pengetahuan dari semua  bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.


 25.   ROBOTIKA

25.1     PENDAHULUAN
Robot adalah agen fisik yang melakukan tugas dengan memanipulasi dunia fisik. Untuk melakukan hal ini, mereka dilengkapi dengan efektor, seperti kaki, roda, sendi dan Grippers. Efektor memiliki satu tujuan: untuk menegaskan kekuatan fisik dari robot environment.
            Robot nyata untuk menangani lingkungan yang sebagian diamati, stochastic, DY-eko-, dan berkesinambungan. Banyak lingkungan robot yang berurutan dan multi-agent. Observability parsial dan stochasticity adalah hasil dari pengobatan dunia yang besar, kompleks.

25.2     PERANGKAT KERAS ROBOT
            Keberhasilan robot nyata setidaknya sebanyak tergantung pada desain sensor dan efektor yang cocok untuk proyek.

25.2.1  SENSOR
            Sensor adalah antarmuka persepsi antara robot dan lingkungan. sensor pasif, seperti kamera, pengamat sejati lingkungan: itu sinyal yang dihasilkan dengan menangkap sumber lain di lingkungan. sensor aktif, seperti sonar, mengirim energi di lingkungan ENVI.

25.2.2  EFEKTOR
            Efektor adalah sarana untuk memindahkan robot dan mengubah bentuk tubuh mereka. Untuk memahami desain efektor, itu akan membantu untuk membahas tentang gerakan dan bentuk secara abstrak, konsep derajat kebebasan (DOF).

25.7     ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK ROBOT
Sebuah metode untuk algoritma penataan adalah arsitektur perangkat lunak. Arsitektur dan alat termasuk untuk program menulis, dan filosofi umum tentang bagaimana program dapat digabungkan. Arsitektur yang menggabungkan teknik reaktif dan disengaja disebut arsitektur hybrid.

25.7.1    ARSITEKTUR SUBSUMPTION
            Subsumption arsitektur (Brooks, 1986) adalah suatu kerangka kerja untuk membangun reaktif con-trollers dari mesin negara yang terbatas.

25.7.2  ARSITEKTUR TIGA-LAYER
            Paling populer dari hybrid Architec-mendatang adalah arsitektur tiga-layer, yang terdiri dari lapisan reaktif, lapisan eksekutif dan lapisan deliberative.
            Lapisan reaktif menyediakan kontrol tingkat rendah dari robot. Hal ini ditandai dengan loop sensor tindakan padat. siklus keputusan sering di urutan milidetik.
            Lapisan eksekutif (atau lapisan sequencing) bertindak sebagai perekat antara lapisan reaktif dan lapisan deliberative.
            Lapisan deliberatif menghasilkan solusi global untuk tugas-tugas kompleks dengan perencanaan.

25.8     DOMAIN APLIKASI
            Industri dan Pertanian. Secara tradisional, robot yang sampai daerah yang membutuhkan tenaga keras manusia, namun terstruktur cukup untuk menjadi rentan terhadap otomatisasi robot.
            Transportasi. transportasi robot memiliki banyak sisi: helikopter otonom untuk memberikan muatan lokasi tidak dapat diakses, kursi roda otomatis yang transportasi PEO yang tidak akan mampu mengendalikan kursi roda sendiri, operator straddle otonom driver staf ahli untuk melakukan yang lebih baik maka dalam transportasi kontainer dari kapal ke truk angkutan dermaga.
            Mobil robot. Hasil sendu: lebih dari satu juta orang meninggal setiap tahun di lalu lintas. Mobil robot seperti BOSS dan berharap menawarkan STANLEY: Tidak saja mereka akan membuat berkendara lebih aman, tetapi mereka juga akan membebaskan kita dari kebutuhan untuk memperhatikan jalan selama perjalanan kita sehari-hari.
            Kesehatan. Robot semakin digunakan untuk membantu ahli bedah dalam alat positioning untuk mengemudi di organ rumit seperti otak, mata dan jantung. Robot adalah alat yang sangat diperlukan dalam berbagai prosedur bedah, seperti penggantian pinggul, berkat presisi tinggi.
            Lingkungan yang berbahaya. Robot telah membantu orang di pembuangan limbah radioaktif, terutama di Chernobyl dan Three Mile Island. Beberapa proyek penelitian saat ini sedang mengembangkan prototipe robot untuk membersihkan ladang ranjau, di darat dan di laut.
            Eksplorasi. Lengan robot membantu astronot untuk menyebarkan dan mengambil satelit dan pembangunan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Robot membantu mengeksplorasi bawah laut. Mereka secara rutin digunakan untuk mendapatkan peta dari kapal yang tenggelam.
            Layanan pribadi. Tersedia secara komersial robot layanan domestik termasuk pembersih otonom vakum, mesin pemotong rumput, dan caddies golf.
            Entertainment. Robot telah mulai menaklukkan hiburan dan mainan industri. Robot sepak bola menawarkan peluang besar untuk penelitian di AI, karena menimbulkan sejumlah masalah dalam banyak aplikasi robot lebih serius lain yang relevan. kompetisi robot soccer tahunan telah menarik sejumlah besar peneliti AI dan menambahkan banyak kegembiraan untuk bidang robotika.
            Pembesaran manusia. Peneliti memiliki mesin berjalan berkaki bahwa orang dapat membawa sekitar, seperti mengembangkan kursi roda. Beberapa upaya penelitian saat ini fokus pada pengembangan perangkat yang memudahkan orang untuk berjalan atau menggerakkan tangan mereka dengan menyediakan pasukan tambahan melalui lampiran extraskeletal.
            Teleoperation robot atau telepresence adalah bentuk lain dari pembesaran manusia. Sebuah konfigurasi populer untuk teleoperation robot adalah konfigurasi master-budak, di mana manipulator robot mengemulasi gerakan operator manusia terpencil, yang diukur dengan menggunakan antarmuka haptic.

25.9     KESIMPULAN
            Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer.
            Robot adalah agen fisik yang melakukan tugas dengan memanipulasi dunia fisik. Untuk melakukan hal ini, mereka dilengkapi dengan efektor, seperti kaki, roda, sendi dan Grippers. Pada perangkat keras robot memiliki agen arsitektur sensor, efektor dan Processors:
- Sensor adalah antarmuka persepsi antara robot dan lingkungan. sensor pasif, seperti kamera, pengamat sejati lingkungan: itu sinyal yang dihasilkan dengan menangkap sumber lain di lingkungan. sensor aktif, seperti sonar, mengirim energi di lingkungan ENVI.
- Efektor adalah sarana untuk memindahkan robot dan mengubah bentuk tubuh mereka.
Sebuah metode untuk algoritma penataan adalah arsitektur perangkat lunak. Arsitektur yang menggabungkan teknik reaktif dan disengaja disebut arsitektur hybrid. Beberapa arsitektur perangkat lunak robot: Subsumption arsitektu dan Arsitektur tiga-layer. Pada domain aplikasi, ada beberapa bidang utama aplikasi untuk robotika: industri dan pertanian, transportasi, mobil robot, kesehatan, lingkungan yang berbahaya, eksplorasi, layanan pribadi, entertainment, pembesaran manusia, dan teleoperation robot.

SUMBER: https://rehulina.wordpress.com/2009/08/05/pengertian-kecerdasan-buatan/

NAMA  : MEYDI ANNISA
NPM     : 16114610

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.