ARTIFICIAL INTELEGENCE
Kecerdasan Buatan adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang
berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit
dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya dilakukan dengan
mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/inteligensia
manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer. Dengan
suatu pendekatan yang kurang lebih fleksibel dan efisien dapat diambil
tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku
kecerdasan buatan. AI biasanya dihubungkan dengan Ilmu Komputer, akan tetapi
juga terkait erat dengan bidang lain seperti Matematika, Psikologi, Pengamatan,
Biologi, Filosofi, dan yang lainnya. Kemampuan untuk mengkombinasikan
pengetahuan dari semua bidang ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi
kemajuan dalam upaya menciptakan suatu kecerdasan buatan.
25. ROBOTIKA
25.1 PENDAHULUAN
Robot
adalah agen fisik yang melakukan tugas dengan memanipulasi dunia fisik. Untuk
melakukan hal ini, mereka dilengkapi dengan efektor, seperti kaki, roda, sendi
dan Grippers. Efektor memiliki satu tujuan: untuk menegaskan kekuatan fisik
dari robot environment.
Robot nyata untuk menangani lingkungan
yang sebagian diamati, stochastic, DY-eko-, dan berkesinambungan. Banyak
lingkungan robot yang berurutan dan multi-agent. Observability parsial dan
stochasticity adalah hasil dari pengobatan dunia yang besar, kompleks.
25.2 PERANGKAT KERAS ROBOT
Keberhasilan robot nyata setidaknya
sebanyak tergantung pada desain sensor dan efektor yang cocok untuk proyek.
25.2.1 SENSOR
Sensor adalah antarmuka persepsi
antara robot dan lingkungan. sensor pasif, seperti kamera, pengamat sejati
lingkungan: itu sinyal yang dihasilkan dengan menangkap sumber lain di
lingkungan. sensor aktif, seperti sonar, mengirim energi di lingkungan ENVI.
25.2.2 EFEKTOR
Efektor adalah sarana untuk
memindahkan robot dan mengubah bentuk tubuh mereka. Untuk memahami desain
efektor, itu akan membantu untuk membahas tentang gerakan dan bentuk secara
abstrak, konsep derajat kebebasan (DOF).
25.7 ARSITEKTUR
PERANGKAT LUNAK ROBOT
Sebuah
metode untuk algoritma penataan adalah arsitektur perangkat lunak. Arsitektur
dan alat termasuk untuk program menulis, dan filosofi umum tentang bagaimana
program dapat digabungkan. Arsitektur yang menggabungkan teknik reaktif dan
disengaja disebut arsitektur hybrid.
25.7.1
ARSITEKTUR SUBSUMPTION
Subsumption
arsitektur (Brooks, 1986) adalah suatu kerangka kerja untuk membangun reaktif
con-trollers dari mesin negara yang terbatas.
25.7.2 ARSITEKTUR TIGA-LAYER
Paling populer dari hybrid
Architec-mendatang adalah arsitektur tiga-layer, yang terdiri dari lapisan
reaktif, lapisan eksekutif dan lapisan deliberative.
Lapisan reaktif menyediakan kontrol
tingkat rendah dari robot. Hal ini ditandai dengan loop sensor tindakan padat.
siklus keputusan sering di urutan milidetik.
Lapisan eksekutif (atau lapisan
sequencing) bertindak sebagai perekat antara lapisan reaktif dan lapisan
deliberative.
Lapisan deliberatif menghasilkan
solusi global untuk tugas-tugas kompleks dengan perencanaan.
25.8 DOMAIN APLIKASI
Industri
dan Pertanian. Secara tradisional, robot yang sampai daerah
yang membutuhkan tenaga keras manusia, namun terstruktur cukup untuk menjadi
rentan terhadap otomatisasi robot.
Transportasi.
transportasi robot memiliki banyak sisi: helikopter otonom untuk memberikan
muatan lokasi tidak dapat diakses, kursi roda otomatis yang transportasi PEO
yang tidak akan mampu mengendalikan kursi roda sendiri, operator straddle
otonom driver staf ahli untuk melakukan yang lebih baik maka dalam transportasi
kontainer dari kapal ke truk angkutan dermaga.
Mobil
robot. Hasil sendu: lebih dari satu juta orang meninggal setiap tahun di
lalu lintas. Mobil robot seperti BOSS dan berharap menawarkan STANLEY: Tidak
saja mereka akan membuat berkendara lebih aman, tetapi mereka juga akan
membebaskan kita dari kebutuhan untuk memperhatikan jalan selama perjalanan
kita sehari-hari.
Kesehatan. Robot
semakin digunakan untuk membantu ahli bedah dalam alat positioning untuk
mengemudi di organ rumit seperti otak, mata dan jantung. Robot adalah alat yang
sangat diperlukan dalam berbagai prosedur bedah, seperti penggantian pinggul,
berkat presisi tinggi.
Lingkungan
yang berbahaya. Robot telah membantu orang di pembuangan
limbah radioaktif, terutama di Chernobyl dan Three Mile Island. Beberapa proyek
penelitian saat ini sedang mengembangkan prototipe robot untuk membersihkan
ladang ranjau, di darat dan di laut.
Eksplorasi. Lengan
robot membantu astronot untuk menyebarkan dan mengambil satelit dan pembangunan
Stasiun Luar Angkasa Internasional. Robot membantu mengeksplorasi bawah laut.
Mereka secara rutin digunakan untuk mendapatkan peta dari kapal yang tenggelam.
Layanan
pribadi. Tersedia secara komersial robot layanan domestik termasuk
pembersih otonom vakum, mesin pemotong rumput, dan caddies golf.
Entertainment. Robot
telah mulai menaklukkan hiburan dan mainan industri. Robot sepak bola menawarkan
peluang besar untuk penelitian di AI, karena menimbulkan sejumlah masalah dalam
banyak aplikasi robot lebih serius lain yang relevan. kompetisi robot soccer
tahunan telah menarik sejumlah besar peneliti AI dan menambahkan banyak
kegembiraan untuk bidang robotika.
Pembesaran
manusia. Peneliti memiliki mesin berjalan berkaki bahwa orang dapat membawa
sekitar, seperti mengembangkan kursi roda. Beberapa upaya penelitian saat ini
fokus pada pengembangan perangkat yang memudahkan orang untuk berjalan atau menggerakkan
tangan mereka dengan menyediakan pasukan tambahan melalui lampiran
extraskeletal.
Teleoperation
robot atau telepresence adalah bentuk lain dari pembesaran manusia.
Sebuah konfigurasi populer untuk teleoperation robot adalah konfigurasi
master-budak, di mana manipulator robot mengemulasi gerakan operator manusia
terpencil, yang diukur dengan menggunakan antarmuka haptic.
25.9 KESIMPULAN
Kecerdasan Buatan adalah salah satu
cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan
persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya
dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari
kecerdasan/inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang
dikenal oleh komputer.
Robot
adalah agen fisik yang melakukan tugas dengan memanipulasi dunia fisik. Untuk
melakukan hal ini, mereka dilengkapi dengan efektor, seperti kaki, roda, sendi
dan Grippers. Pada perangkat keras robot memiliki agen
arsitektur sensor, efektor dan Processors:
- Sensor adalah antarmuka persepsi
antara robot dan lingkungan. sensor pasif, seperti kamera, pengamat sejati
lingkungan: itu sinyal yang dihasilkan dengan menangkap sumber lain di
lingkungan. sensor aktif, seperti sonar, mengirim energi di lingkungan ENVI.
- Efektor adalah sarana untuk
memindahkan robot dan mengubah bentuk tubuh mereka.
Sebuah metode untuk algoritma penataan adalah
arsitektur perangkat lunak. Arsitektur yang menggabungkan teknik reaktif dan
disengaja disebut arsitektur hybrid.
Beberapa arsitektur perangkat lunak robot: Subsumption arsitektu dan Arsitektur
tiga-layer. Pada domain aplikasi, ada beberapa bidang utama aplikasi untuk
robotika: industri dan pertanian, transportasi, mobil robot, kesehatan,
lingkungan yang berbahaya, eksplorasi, layanan pribadi, entertainment,
pembesaran manusia, dan teleoperation robot.
SUMBER:
https://rehulina.wordpress.com/2009/08/05/pengertian-kecerdasan-buatan/
NAMA : MEYDI ANNISA
NPM : 16114610
NAMA : MEYDI ANNISA
NPM : 16114610
0 komentar:
Posting Komentar